Jam

Minggu, 29 November 2009

Pengertian 10 Istilah Dalam Internet (part 3)

Luar jaringan(offline)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Secara umum, sesuatu dikatakan di luar jaringan (luring) atau bahasa Inggrisnya offline adalah bila ia tidak terkoneksi/terputus dari suatu jaringan ataupun sistem yang lebih besar. Beberapa arti kata lainnya yang lebih spesifik:

  • Dalam percakapan umum, jaringan/network yang lebih besar dalam konteks ini biasanya lebih mengarah pada Internet, sehingga 'offline' lebih pada menjelaskan status bahwa ia tidak dapat diakses melalui internet.
  • Secara lebih spesifik dalam sebuah sistem yang terkait pada ukuran dalam satu aktivitas tertentu, sebuah elemen dari sistem tersebut dikatakan offline jika elemen tersebut tidak dapat beroperasional secara normal seperti yang seharusnya.
  • Dalam telekomunikasi, Istilah offline juga memiliki arti lain yang lebih spesifik. Suatu alat diasosiasikan dalam sebuah sistem yang lebih besar dikatakan sebagai offline apabila perangkat tersebut tidak berada dalam kontrol langsung dari sistem. Dalam arti perangkat tersebut tidak tersedia saat akan digunakan oleh sistem secara on-demand, sehingga membutuhkan intervensi manusia.

Link

link (juga hyperlink) adalah sebuah acuan dalam dokumen hiperteks (hypertext) ke dokumen yang lain atau sumber lain. Seperti halnya suatu kutipan di dalam literatur. Dikombinasikan dengan sebuah jaringan data dan sesuai dengan protokol akses, sebuah komputer dapat diminta untuk memperoleh sumber yang direferensikan.

Ada beberapa cara (format) untuk menampilkan pranala pada halaman web. Sebuah embedded link (pranala yang tersimpan) adalah salah satu dari beberapa cara yang biasa digunakan: satu atau lebih dari kata-kata yang menggunakan tipe/gaya teks khusus.

istilah dalam bahasa Indonesia

Pranala adalah salah satu istilah bahasa Indonesia untuk link/hiperlink dalam bahasa Inggris. Sinonim untuk ini adalah "paut", "taut" atau juga "kait". Dalam panduan pembakuan istilah yang diterbitkan pemerintah Indonesia, hyperlink dalam bahasa Indonesia adalah "hipertaut", sedangkan link adalah "taut".

Kata pranala diambil dari bahasa Kawi atau Bahasa Jawa Kuna yang pada gilirannya mengambil dari bahasa Sansekerta: praṇāla yang berarti "anak sungai", saluran, terusan dari kolam dan sebagainya. Kata yang mirip dalam bahasa Sansekerta adalah: praṇālikâ yang berarti terusan atau perantara.

Dalam bahasa Jawa Kuna, kata ini berarti penyangga, sandaran, lapik atau alas patung. Selain itu kata ini bisa pula berarti, yoṇi atau alas lingga.

ISP

Penyelenggara Jasa Internet (disingkat PJI) (bahasa Inggris: Internet Service Provider (ISP)) adalah perusahaan atau badan yang menyelenggarakan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyelenggara jasa internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.

ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT.

Pilihan hubungan ISP

Biasanya, ISP menerapkan biaya bulanan kepada pelanggan. Hubungan ini biasanya dibagi menjadi dua kategori: modem ("dial-up") dan jalur lebar. Hubungan dial-up sekarang ini banyak ditawarkan secara gratis atau dengan harga murah dan membutuhkan penggunaan kabel telepon biasa. Hubungan jalur lebar dapat berupa ISDN, non-kabel, kabel modem, DSL, Internetsatelit. Broadband dibanding modem memiliki kecepatan yang jauh lebih cepat dan selalu "on", namun lebih mahal.

Tidak ada komentar: